Wednesday, January 23, 2019

Pengalaman Menginap di Artotel Haniman Ubud

Melanjutkan cerita staycation akhir tahun 2018 lalu, setelah menikmati pemandangan sungai Campuhan dan alam hijau di Ulun Ubud Resort, saya dan suami memilih untuk pindah ke hotel yang berlokasi di daerah pusat Ubud, yaitu Artotel Haniman Ubud. Hotel ini bisa dipesan melalui web resmi mereka di https://www.artotelindonesia.com/haniman-ubud/ atau melalui aplikasi booking hotel lainnya. Mengapa memilih hotel ini sebagai tempat staycation kami berikutnya? Karena seperti yang kita ketahui bahwa Artotel Indonesia konsisten menerapkan konsep hotel yang artsy dan instagramable. Itulah yang menjadi dasar saya menentukan pilihan untuk menginap di hotel ini. 

Artotel Haniman Ubud ini berlokasi di Jl. Jatayu, Ubud, sangat dekat dengan Monkey Forest, yaitu sekitar 700 m. Selain itu tentunya sangat dekat dengan pusat keramaian di Ubud seperti Ubud Art Market, cafe dan restoran, serta gerai perbelanjaan yang bisa kita temukan di sepanjang jalan. Jarak dari resort kami sebelumnya ke hotel ini kurang lebih 4 km dengan waktu tempuh kurang lebih sekitar 10-15 menit. Jika melakukan perjalanan dari Denpasar menggunakan sepeda motor, waktu tempuh sekitar 45 menit sampai dengan 1 jam. Tidak sulit menemukan lokasi hotel ini karena terletak tepat di depan jalan dan berada persis di samping Full Circle (semacam cafe atau tempat ngopi). 


Bangunan Artotel Haniman Ubud ini memiliki konsep green-artsy modern minimalis. Di bagian depan hotel (pintu masuk hotel) terdapat semacam gapura dari bebatuan khas Bali. Letak resepsionis agak masuk ke dalam dan tertutup, tidak seperti resepsionis pada hotel-hotel biasanya. Namun kita bisa mengetahui letaknya melalui papan bertuliskan resepsionis. Artotel Haniman Ubud memiliki 22 kamar dengan tipe Studio 20, Studio 30, dan Studio 40 dengan sentuhan art disetiap kamar dan beberapa spot lainnya seperti di kolam renang. Fasilitas kamar yang diberikan cukup lengkap mulai dari bed dengan pilihan twin atau king size dengan desain exclusive Artotel bedding collection, free wifi, room amenities seperti tv lcd berukuran besar, safe deposit box, minibar, coffee maker, air mineral, coffee & tea set, kimono, slippers, toilet amenities yang lengkap, welcome souvenir, buah-buahan, fasilitas laundri dan room service. Selain itu terdapat fasilitas hotel lain seperti kolam renang, spa (Kamalika Spa), fasilitas antar jemput bandara dan fasilitas daily shuttle dari dan ke pusat Ubud. 


Pada saat sampai di Artotel Haniman Ubud, saya dan suami memarkirkan sepeda motor di halaman depan hotel, kemudian disambut oleh pegawai front hotel dan dipersilakan duduk di lobbynya. Kemudian sembari melakukan proses check-in, kami disuguhkan welcome drink berupa infused water dan handuk basah untuk membasuh wajah atau tangan kami. Setelah menunggu beberapa saat kami diantarkan oleh pegawai hotel untuk menuju kamar kami di lantai 2 (satu lantai di atas lobby). Untuk menuju kamar dari lobby, kami harus melewati jalan kecil yang terhubung dengan Full Circle dan melewati kolam renang. Kemudian menaiki tangga yang setiap pagarnya diberikan aksen greeny dengan tumbuhan hijau yang menggantung. Kamar kami tepat di sebelah kiri tangga, yaitu kamar dengan tipe Studio 30. Di beberapa sudut depan kamar disediakan payung yang bisa digunakan ketika hujan. Saat memasuki kamar, AC kamar terasa sangat sejuk dengan suasana kamar yang sangat bersih dan nyaman, terdapat balkon yang mengarah pada pemandangan pohon dari kamar kami. Toilet dan kamar mandi shower pun sangat bersih meskipun spacenya tidak begitu besar, sangat nyaman. 


Keesokan paginya, saya dan suami menikmati free breakfast dari hotel di Full Circle. Kami memilih menu yang sudah disediakan khusus untuk tamu-tamu Artotel Haniman Ubud. Varian menu breakfastnya adalah western food. Untuk rasa dari makanan yang kami pesan menurut saya biasa saja. 

Sekian review pengalaman menginap di Artotel Haniman Ubud yang pernah saya kunjungi bersama suami. Menurut saya hotel ini sangat recommended bagi kalian para traveller yang ingin menghabiskan liburan di Ubud bersama pasangan, teman, keluarga, atau bahkan bagi solo traveller. Lokasinya yang sangat strategis berdekatan dengan pusat keramaian dan wisata di Ubud. Fasilitas dan kenyamanan saat berada di kawasan hotel dan kamarnya pun sudah sesuai dengan harga yang kita keluarkan untuk menginap di hotel ini. Saya sendiri ingin kembali merasakan staycation lebih lama di hotel ini nanti ketika ke Ubud lagi. Overall dari 1-5, maka saya akan memberi nilai 4.5 untuk hotel ini.

1 comment: