Thursday, October 11, 2018

Kemudahan Menggunakan Fitur PayLater Traveloka

Kaum melek internet mana yang sekarang ini tidak tahu dengan Traveloka? Saya rasa banyak orang yang sudah mengetahui keberadaan perusahaan penyedia layanan untuk pemesanan tiket pesawat, hotel, kereta dan masih banyak lagi ini. Saya sendiri sangat terbantu dengan adanya Traveloka ketika ingin merencanakan sebuah perjalanan. Selain bisa diakses melalui web, Traveloka bisa diakses melalui gadget dengan cara mengunduh aplikasinya di Google Play Store/ App Store. Banyak fasilitas dan kemudahan yang bisa kita manfaatkan dengan menggunakan aplikasi Traveloka. Saya biasanya menggunakan aplikasi ini untuk memesan tiket pesawat dan hotel karena frekuensi saya untuk melakukan perjalanan bisa dibilang lumayan sering. Selain itu saya pun pernah memesan tiket atraksi dan hiburan menggunakan aplikasi ini. Kemudahan yang bisa kita dapatkan adalah proses pemesanan yang cepat, diskon yang diberikan, dan kemudahan dalam metode pembayaran. Traveloka menawarkan beberapa metode pembayaran, misalnya dengan transfer antar bank, menggunakan kartu kredit, pembayaran melalui indomart dan alfamart, dan yang paling terbaru saat ini Traveloka menawarkan metode PayLater.

Apa sih PayLatter Traveloka ini? Kalian bisa mendapatkan penjelasan mengenai PayLater ini dengan mengunjungi laman Traveloka melalui web atau melalui aplikasinya. Singkatnya, dengan menggunakan fitur ini, kita bisa melakukan pembelian tiket pesawat dan lain-lain tanpa harus langsung melakukan pembayaran. Berhutang dong? Jawabannya, iya. Jadi kita bisa melakukan pembayaran 30 hari setelah melakukan pemesanan atau kita bisa melakukan pembayaran dengan cicilan 2-12 bulan. Fitur ini tentu sangat membantu bagi kita yang sedang kepepet, misalnya mendadak harus bepergian tapi anggaran untuk pergi tidak cukup bulan itu, dan lain-lain.

Nah! Beberapa waktu yang lalu, saya akhirnya mencoba fitur PayLater Traveloka ini. Semula saya enggan untuk mencoba karena masih ragu tentang keamanan dan kerahasiaan data yang harus diberikan ketika melakukan pendaftaran agar bisa menggunakan fitur ini. Namun setelah  memperoleh informasi mengenai skema Paylater lebih lanjut dari simulasikredit.com saya merasa lebih percaya dan berani untuk melakukan pendaftaran. Mengutip penjelasan dari mereka :
"PayLater adalah merupakan hasil kerja sama Traveloka dengan strartup P2P lending Danamas yang merupakan mitra dari penyalur pinjaman dana."
Selain itu Danamas juga merupakan salah satu penyalur pinjaman yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Proses pendaftaran tergolong mudah dan cepat. Yang pertama kita harus login pada aplikasi Traveloka kemudian masuk ke menu PayLater. Kemudian kita diminta untuk mengisi data seperti data pribadi, keluarga, dan pekerjaan. Kemudian mengunggah dokumen pendukung seperti misalnya foto diri, softcopy KTP, Passpor, NPWP, Kartu BPJS, atau SIM. Setelah semua dokumen pendukung kita unggah, maka kita hanya perlu menunggu verifikasi dari pihak Traveloka. Beberapa saat kemudian kita akan menerima email dari pihak Traveloka dan jika lancar, proses persetujuan tidak akan memakan waktu lama, saya sendiri kurang dari 1 jam pendaftaran langsung menerima email konfirmasi dan persetujuan dari Traveloka dengan limit sekian juta. Setelah disetujui kita bisa mengaktifkan fitur ini langsung dan mulai menggunakan fitur PayLater. Namun yang perlu diingat, kita tidak bisa melakukan transaksi menggunakan PayLater melebihi limit yang disetujui untuk kita.

Pengalaman pertama saya menggunakan fitur ini adalah untuk pemesanan tiket pesawat, proses pemesanan dilakukan seperti biasa sampai ke tahap pembayaran, setelah itu kita bisa memilih metode PayLater dan pada aplikasi akan muncul tenor yang kita inginkan, mulai dari 1-12 bulan, serta rincian biaya cicilannya, jika ingin menyicil lebih dari 1 bulan. Setelah kita memilih jangka waktu pembayaran, pemesanan tiket diproses seperti biasa dan setelah berhasil tiket akan dikirimkan via email. Selain tiket, kita akan menerima email yang menyatakan transaksi kita telah berhasil dan semacam perjanjian kredit, namanya PayLater Loan Agreement sebagai bukti transaksi yang telah kita lakukan.

Sekian pengalaman saya mencoba fitur PayLater Traveloka ini. Ya... mudah bukan? Fitur ini bisa menjadi solusi bagi kita yang ingin melakukan perjalanan namun memiliki uang yang terbatas pada saat itu. Tapi sekali lagi saya ingatkan bahwa kemudahan ini harus dimanfaatkan dengan bijak, karena bagaimanapun juga ini namanya hutang. Jangan sampai kemudahan berhutang untuk bepergian yang kita dapatkan melalui fitur ini menjadi pemicu kita untuk terus berhutang atau bayar nanti-nanti. Intinya, lakukanlah transaksi keuanganmu dengan sebijak mungkin :)

No comments:

Post a Comment